Market Logistik Indonesia diyakini akan mencapai USD 240M pada tahun 2021

Pasar Logistik Indonesia saat ini sedang berada di fase pertumbuhan pasar ditandai dengan hadirnya perusahaan-perusahaan termasuk didalamnya perusahaan Shipping dan Freight Forwarder Internasional, penyedia jasa pengiriman umumnya bermain di transportasi darat dan total penyedia jasa logisitik beroperasi dengan jenis transportasi multimodal. Dan total jumlah penyedia jasa logistik dan warehosue adalah sebanya 155 perusahaan di Indonesia

Besarnya pasar Jasa Pengiriman Barang terutama ditandai dengan meningkatnya pengiriman melalui udara dan laut, pengembangan infrasktur transportasi dan jumlah permintaan pasa, meningkatnya aktivitas industri, berkembangnya pasar FMCG (Fast Moving Consumer Goods) dan bangkitnya industri e-commerce. Pengiriman melalui darat menjadi penguasa pangsa pasar terbesar dengan jaringan melalui darat. Pengiriman melalui udara menjadi memiliki pangsa pasar kedua terbesar. Dan total Negara-negara di Asia menjadi pengumbang kontribusi terbesar untuk pemasukan sehubungan dengan adanya perdagangan bebas. Perusahaan pemimpin pasar tersebut salah satunya adalah DHL, CEVA Logistics, Yusen Logistics, Agility Logistics, dsb. Penyedia Jasa Pengiriman Barang tersebut diprediksi akan mendominasi pasar logistik kedepannya.

Pengiriman Express melalui Udara mendominasi pasar pengiriman barang secara express di Indonesia dengan 61% market share sepanjang 2016 yang berimbas pada penurunan sebagian besar share pengiriman melalui kapal laut. segmen B2B mendominasi pasar pengiriman express sepanjang tahun 2016. Para pemain pengiriman express di Indonesia tersebut adalah DHL, FEDEX, First Logistics dan JNE Express. Angka Pertumbuhan yang tinggi tersebut didukung dari pertumbuhan industri e-commerce, tingginya permintaan barang pecah belah dan peningkatan pengiriman dokumen oleh personal atau perusahaan.

Menurut data dari Ken Research “Indonesia Logistics and Warehousing Market by Sector (Freight Forwarding, Warehousing, VAS), by Domestic and International Services – Outlook to 2021”, 7,9% CAGR yang signifikan dari revenue di Pasar Logistik Indonesia diyakini akan meningkat sampai tahun 2021. Segmen Jasa Pengiriman Barang diyakini akan memiliki pertumbuhan yang tercepat di masa akan datang dengan perdiksi CAGR 9,2% dari 2016 – 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *