Jenis Muatan Kapal – berdasarkan Propulsi, Ukuran serta Jenisnya

Jenis Muatan Kapal – berdasarkan Propulsi, Ukuran serta Jenisnya

Kapal dan perahu yang digunakan untuk transportasi air. Jenisnya dapat dibedakan dari propulsi, ukuran atau jenis kargo. Kebanyakan kapal dagang modern dapat ditempatkan dalam salah satu dari beberapa kategori berikut ini, seperti:
Bulk Carrier

kapal kargo yang digunakan untuk mengangkut barang-barang kargo curah seperti bijih atau makanan pokok (beras, gandum, dll) dan kargo yang sejenisnya. Mereka dapat dikenali oleh palka berbentuk kotak besar di dek mereka, yang akan bergeser terbuka untuk bongkar muat.

 

Kapal kontainer

Kapal kargo yang membawa container sebesar ukuran truk, dalam teknik yang disebut containerization. Ini adalah jenis paling umum pada moda transportasi barang komersil. Kebanyakan kapal kontainer digerakkan oleh mesin diesel, dan memiliki awak antara 10 dan 30 orang.Mereka umumnya memiliki blok akomodasi besar di buritan, di atas ruang mesin.

 

Tanker

Adalah kapal kargo untuk mengangkut cairan, seperti minyak mentah, produk minyak bumi, gas minyak cair(LPG), gas alam cair (LNG) dan bahan kimia, juga minyak sayur, anggur dan makanan lainnya

 

Kapal Pendingin (biasanya disebut Reefers)

Adalah kapal kargo biasanya digunakan untuk mengangkut komoditas yang mudah rusak yang membutuhkan temperatur terkendali. Umumnya berupa buah-buahan, daging, ikan, sayuran, produk susu dan bahan makanan lainnya.

 

Roll-on / roll-off Ship.

Jenis Muatan Kapal kargo yang dirancang untuk membawa kargo ber-roda seperti mobil, trailer atau kereta api. RORO (atau ro / ro) adalah kapal yang mempunyai lantai landai yang memungkinkan kargo untuk bisa berguling secara efisien dari dan menuju kapal saat di pelabuhan. Digunakan untuk berlayar di samudra.

 

Kapal dagang pesisir, juga dikenal sebagai coaster

Adalah kapal berlambung rendah yang digunakan untuk perdagangan antara lokasi di pulau atau benua yang sama. Lambung yang dangkal memungkinkan untuk melewati terumbu dimana kapal laut biasanya tidak bisa.

 

Feri

Adalah bentuk transportasi yang membawa penumpang dan terkadang berikut dengan kendaraan mereka. Feri juga digunakan untuk mengangkut barang (dalam truk dan kontainer tanpa listrik) dan bahkan gerbong kereta api. Kebanyakan feri beroperasi sesuai jadwal, rutin, mempunyai rute pulang-pergi.

 

Kapal pesiar

Adalah kapal penumpang yang digunakan untuk pelayaran wisata, di mana perjalanan itu sendiri dan fasilitas kapal dianggap sebagai bagian penting dari pengalaman berlayar.
Kapal Laut

Adalah kapal penumpang yang dirancang untuk mengangkut orang dari satu pelabuhan ke yang lain di sepanjang rute maritim jarak jauh reguler sesuai dengan jadwal. Kapal Laut juga dapat membawa kargo atau surat, dan kadang-kadang dapat digunakan untuk tujuan lain. Kapal Laut biasanya sangat dibangun dengan freeboard tinggi untuk menahan laut keras dan kondisi buruk yang dihadapi di laut terbuka, memiliki kapasitas besar untuk bahan bakar, makanan dan bahan habis pakai lainnya untuk rute perjalanan panjang.

 

Cable Layer

Adalah kapal laut dalam yang dirancang dan digunakan untuk meletakkan kabel bawah laut untuk telekomunikasi, listrik, dan semacamnya. Sebuah struktur bangunan besar, dengan satu atau lebih gulungan yang menjulang dari buritan menjadi ciri-ciri kapal ini.

 

Tugboat

Adalah Jenis Muatan Kapal yang digunakan untuk bermanuver, terutama dengan cara menarik atau mendorong kapal lainnya di pelabuhan, baik di atas laut terbuka atau melalui sungai dan kanal. Kapal ini juga digunakan untuk menarik tongkang, kapal rusak, atau peralatan lain layaknya kapal derek.

 

Dredger / Kapal Keruk

Adalah kapal yang digunakan untuk menggali di laut dangkal atau daerah air tawar dengan tujuan mengumpulkan sedimen bawah tanah dan menaruhnya di lokasi lain.

 

Kapal Tongkang

Adalah perahu datar, dibangun terutama untuk transportasi sungai dan kanal barang berat. Kebanyakan tongkang tidak mempunyai mesin baling-baling sendiri dan harus dipindahkan oleh kapal tugboat penarik atau towboats untuk mendorongnya.

 

Kapal Multi-purpose

(kadang-kadang disebut kapal kargo umum) digunakan untuk mengangkut berbagai barang dari komoditas massal sampai individual dan kargo berat. Umumnya mereka memiliki ruang besar terbuka, dan mempunyai lebih dari satu deck, untuk memfasilitasi pengangkutan kargo yang berbeda pada perjalanan yang sama.
Kapal yang berada di luar kategori ini termasuk Semi-submersible kapal angkat berat atau OHGC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *